. banner 728x250

Bupati Majene Pantau Langsung Kondisi Logistik Pemilu 2024

MAJENE,KBN.com-Bupati Majene H.Andi Achmad Syukri bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Majene pantauan langsung kondisi logistik Pemilu Umum (Pemilu) 2024, Rabu (10/1).

Tujuan pemantauan di Gudang Logistik Pemilu yang terletak di jalan poros-Majene- Mamuju Kelurahan ranggas,Kecamatan Banggae, sekaligus mengecek proses sortir dan pelipatan surat suara,untuk memastikan

“Persiapan menuju pemilu 2024, mulai dari tahapan logistik dan pengiriman telah dilaksanakan dengan baik. Pengiriman kartu suara untuk DPR RI,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten hampir. selesai,” jelasnya.

Untuk hari ini dilakukan proses pelipatan untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sudah berlangsung selama 3 hari. “Hari ini bisa dinyatakan selesai,” lanjut Andi Syukri.

Saya bersama Forkopimda ingin memastikan kesiapan KPU khususnya logistik maupun proses lainnya sesuai dengan tahapan yang dijadwalkan,” kata Andi Syukri.

“Bupati juga berharap dengan kesiapan KPU yang matang juga dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka secara aman tanpa kendala apapun.

Semoga pelipatan kertas surat suara ini cepat selesai dengan penuh pengawasan dari pihak Bawaslu maupun pihak kepolisian untuk menyukseskan pemilu mendatang,” pungkas Andi Syukri.

Ketua KPU Kabupaten Majene Munawir menambahkan, semua logistik pemilu, termasuk formulir, telah terkirim dengan baik. “Gudang logistik dinyatakan aman, dan setiap tahapan pemilu sedang berjalan dengan baik,” ucapnya

Sebelumnya,kami sudah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024. Pelipatan surat suara ini melibatkan 170 warga dan diperkirakan akan berlangsung 3 sampai 4 hari. Jumlah surat suara yang disortit dan dilipat ini mencapai 640 ribu lembar. Dengan rincian masing-masing 127.193 lembar untuk Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Dalam penyortiran tersebut, sejumlah surat suara Pilpres alami kerusakan atau robek. KPU Majene nantinya akan melakukan rekap jumlah surat suara rusak untuk dilaporkan ke KPU Sulbar dan KPU RI untuk dilakukan penggantian

Terkait kendala kekurangan dan kerusakan surat suara, KPU sudah melakukan koordinasi untuk melakukan penambahan dan penggantian surat suara.

‘’Kami sudah memintakan pengganti surat suara ke percetakan secepatnya, dan proses administrasinya juga akan kami kejar agar cepat selesai,”pungkasnya (W)