. banner 728x250

Tingkatkan Produktivitas, Kelompok Tani Dapat Bantuan Alsintan

Majene,Kabarbarunusantara.Com
Untuk menunjang fasilitas pertanian Pemerintah Kabupaten Majene melalui  melalui Dinas Pertanian,Pemerintah Daerah memberikan bantuan alat sistem pertanian (alsintan) pada sejumlah kelompok tani di Desa Pamboborang.Total seluruh bantuan sebanyak 4 unit cultipator. Alsintan diberikan pada kelompok petani yang sebelumnya telah mengajukan proposal bantuan.

Kepala Desa Pamboborang Agustus.SSi,mengatakan untuk meningkatkan produksi petani dibutuhkan Sarana dan Prasaran Pengelolaan Lahan Pertanian. Petani yang menerima alsintan harus menandatangani perjanjian (mou) yang berisi komitmen petani untuk memelihara bantuan dan memanfaatkan bantuan sebaik mungkin.

“Bantuan yang diberikan merupakan alat pertanian utama,” katanya,minggu (18/6/23),di kediamanya.

<span;>Menurutnya, Penyerahan bantuan diberikan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian kepada petani.Ia juga menghimbau kepada para penerima bantuan agar bisa mengunakan secra efktif serta semaskimal mungkin, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan produktifitas pertanian.” harap Agus.

<span;>Mereka yang mendapat bantuan merupakan kelompok tani pilihan.Petani yang belum mendapatkan akan kita seleksi ulang.Kami akan melakukan survey lapangan,” ungkap Agus. Selanjutnya, tambah Agus, agar pemanfaatan bantuan optimal, pihaknya akan melakukan pemantauan secara berkala.

Sekretaris Dinas Pertanian,Peternakan dan Perkebunan (Distanak) Kabupaten Majene  Abdul Azis. S.Sos.,MMAgr.
mengatakan, alsintan yang disalurkan berupa empat unit cultifator yang diperuntukan kepada warga petani bawang merah.Penerimaan bantuan dilakukan didusun Galung Paarah oleh  Distanak secara langsung kepada kelompok tani didampingi kepala Desa,dan Penyuluh Pertanian Lapangan(PPL).(Wh)