. banner 728x250

Tanggul Penahan Abrasi Didirikan di Pesisir Pantai Desa Lalatezdong

Majene,Kabarbarunusantara.ComPemerintah Desa (pemdes)
Lalatezdong kecamatan Sendana Kabupaten Majene Sulawesi Barat,Melaksanakan rehabilitasi tanggul untuk melindungi pemukiman warga pesisir pantai, dari hantaman abrasi dan gelombang pasang air laut.

Kepala Desa Lalatezdong,
Ridwan Maruseng, saat di temui mengatakan, tanggul sepanjang 70 meter telah dibangun untuk melindungi pemukiman warga dari hantaman gelombang pasang.Tanggul yang dibangun dengan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023, itu untuk melindungi puluhan rumah warga di Dusun  Tamppagalung dan Dusun Tosalama yang sebelumnya hancur diterjang gelombang pasang.Kamis 25/05/2023.

       Tanggul Dusun Lalatezdong

“Menurut dia, gelombang pasang sebelumnya menghantam pemukiman warga hingga porak poranda setelah terlebih dahulu menjebol tanggul penahan ombak di pesisir pantai Desa kami sepanjang 70 meter.”jelasnya

          Tanggul Dusun Tosalama

Lanjut dia Oleh karena  kami dari pemerintah Desa menggarkan dalam APBDes,untuk dilalukan direhabilitasi minimal ada mencegah gelombang pasang menghancurkan pemukiman warga di Dua dusun.

” Dia berharap kepada warga sebagai Pelaksana pekerjaan agar membangun tanggul memperhatikan kualitas pekerjaan agar ada kekuatan menahan gelombang pasang. Sehingga tidak lagi menghantam pemukiman warga,” katanya.

Selain itu, tanggul yang bangun tahun ini di Dusun Tappagalung dan Tosalama juga akan, dibangun tanggul di Dusun Lalatezdong dengan  untuk menghindari abrasi pantai disepanjang garis pantai diwilayah Desa.”ucapnya.
(whd)