. banner 728x250

Rembuk Sejarah Tubo & Adat Istiadat Masyarakat

Majene,Kabar Baru Nusantara
Pemerintah Desa (Pemdes)
Tubo Kecamatan Tubo Kabupaten Majene,gelar pertemuan dalam rankah menggali kembali sejarah.dalam rangkah pelaksanaan hari jadi Labupaten Majene 478 tahun,yang pelakasanaanya akan di gelar tahun 2023.

H.Abdul Azis Camat Tubo Sendana mengatakan,terlaksana pertemuan atas inisiatif Kepala desa Tubo dalam rembuk sejarah perjalanan dan adat istiadat masyarakat tubo, sebagai momentum dalam menggali riwayat keberdaan adat dan kearifan lokal secara turun temurun dalam tatanam masyarakat Mandar Tubo.”urai Plt.Camat Tubo minggu 30/7/2023

Menurutnya,Pertemuan ini merupakan awal yang sangat baik untuk menyatukan komitmen para pemangku adat,Toko masyarakat,terutama kepada generasi mudaTubo.

Dalam pertemuan ini secara kekeluargaan beberapa kesepakatan awal lembaga adat tubo.ucapan terimah kasih kepada sesepu adat warga Tubo H.Muh.Yusuf Tahir hadir pada pertemuan ini ” Kata Azis diAula Kantor Desa Tubo minggu 30 juli 2023.

Lanjut Azis,dalam pertemuan ini menunjuk secara aklamsi Suardi.S.BA sebagai ketua tim,Abd Basir Pasewangi Sekertaris yang bekerja bertanggun jawab dalam memyusum Profil dan sejarah kerajaan tubo pada masanya.

“Sementara itu,Nasri Salahuddin Kepala Desa Tubo mengatakan,pertemuan untuk memupuk kembali rasa kekeluargaan demi untuk menggali kembali sejarah tentang kerajaan yang pernah ada di wilayah tubo. Untuk mempersiapkan acara tradisi adat istiadat Tubo yang akan ditampilkan pada hari jadi Kab Majene ke 478.”urainya.

“Di samping itu,tugas tim yang sudah di tunjuk,untuk mempersiapkan pelantikan Maradika Tubo.Saya pribadi mengajak kepada kita semua segenap keluarga besar masyarakat Tubo untuk mendoakan dan memberi dukungan penuh kepada Tim baik moril maupun materil demi sukses amanah yang diembangkan kepada mereka.

Turut hadir Plt.Camat Tubo Sendana H.Abd.Azis, Spd,MSI, sesepuh Mara’dika Tubo H.Andi Muh.Yusuf Tahir S,Ag, M.pd, unsur pemangku Adat Tubo, Baligau Tubo H.Ahmad,S.pd, unsur Kadi’/Kali Tubo Masrajab Mulia,unsur Pappuangan Tubo Poang, M.Jafar.K,cs,unsur Pappuangan Taraweki Khaeruddin Amin BA,cs,Unsur adat Sangga’ Pappuangan Kulasi M.Nasri Salahuddin,S,Ag,unsur Tomatua Tatakko/ Lombo’na M.Basir Pasewangi, unsur Indongguru Baturoro, sesepuh Pueq diliwa’ M.Idrus, para Kepala Desa Sekecamatan Tubo Sendana,Ketua BPD se kecamatan Tubo Sendana, Penggiat Sejarah/ adat istiadat Tubo, serta tokoh tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda Sedesa Tubo lama. Dengan Agenda Rembuk adalah,Persiapan mengikuti pekan budaya Majene Maraya pada momentum Hari jadi Majene ke 478, akan mewakili Kecamatan Tubo Sendana dalam pentas budwaya tingkat Kabupaten Majene akan menampilkan Adat Istiadat, Perkawinan masyarakat Tubo, juga seni pencak silat(Pamacca), khas adat istiadat Tubo. Sekaligus pembentukan Tim pelaksana menyambut Majene Maraya pada Hari jadi ke 478,dalam Pelaksanaan Hari Jadi Kecamatan Tubo Sendana ke ke 17 tahun. (Whd)