. banner 728x250
Daerah  

Potensi Hasil Laut Di Majene Cukup Melimpah

Majene, Kabarbarunusantara.Com – Dinas Kelautan da Perikanan Kabupaten Majene melalui Bidang Perikanan Tangkap melaksanakan kegiatan Gemar Makan Ikan Nasional (Harkanas),di Anjungan Galangan Kapal Kel Ranggas Kec Banggae rabu 21/12/2022.

Bupati Majene,Andi Achmad Syukri. mengatakan,potensi hasil Perikanan di wilayah Kabupaten Majene sangat melimpah.

Hasil laut seperti teripang dan kepiting merupakan komunitas ekspor oleh karena itu para nelayan harus pandai-pandai dalam membudidayakan dan memanen hasil laut tersebut jangan sampai komunitas hasil laut dari luar negeri masuk ke Indonesia pada generasi muda.
“Dia pun menyebut,
Pembangunan kelautan janganlah berpandang bawah laut adalah sesuatu yang menakutkan tetapi harus sebaliknya laut merupakan sahabat gagasan utama.
“Jelasnya.

” Menurutnya,perikanan tangkap dan Perikanan Budi Daya
adalah potensi sumber daya laut yang paling besar di Majene.

Wilaya pantai majene memiliki angka potensi lestari yang besar, artinya memungkinkan untuk ikan beregenerasi sehingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasinya.

Selain ikan yang ada di lautan, banyak penduduk yang melakukan budi daya ikan terutama di daerah pesisir. Jenis yang biasa dikembangbiakkan biasanya ikan bandeng atau udang menggunakan tambak.

Ada juga jenis lainnya seperti ikan karang, rumput laut, moluska teripang, reptilia, dan mamalia laut, kesemuanya sangatlah berpotensi untuk pengembangan kedepan nantinya.

“Di sebutkan pula dengan wilayah pantai yang luas,pohon bakau sebagai potensi sumber daya laut mempunyai fungsi ekologis dan ekonomis.

Termasul terumbu karang memiliki banyak manfaat, mulai dari bersifat ekonomis, ekologis, hingga sosial, objek wisata bahari. Manfaat ekologis untuk mengurangi hempasan gelombang pantai yang dapat mengakibatkan abrasi.

Di samping dari sektor pariwisata bahari Potensi
sumber daya laut dan keanekaragaman flora dan fauna di pesisir dapat dikembangkan menjadi komoditas pariwisata. seperti wisata bisnis, wisata pantai, wisata budaya, wisata pesiar,” tuturnya Ast, disela sela acara istirahat.(whd)