. banner 728x250

Potensi Bawang Merah,Desa Pundau Menjanjikan

Kades Pundau,Suharman Panen Bawang Merah di kebun pribadinya

Majene,Kabarbarunusantara.Com
Potensi Pertanian di Desa Pundau Kecamatan Sendana Kabupaten Majene, terus dikembangkan, salah satunya bawang merah yang kini menjadi tanaman andalan para petani.

Komoditas yang satu ini memang cukup menjanjikan, sehingga tidak heran banyak petani yang menggarap tanaman bulanan ini sebagai sumber pendapatan  menguntungkan.

Kepala Desa Pundau Suharman, saat ditemui mengatakan, produksi bawang merah diDesa Pundau terbilang cukup menjanjikan dimana setiap hektar lahan garapan bisa menghasilkan hingga 1 ton.

Panen Bawang Merah  di kebun Suharman Kds Pundau

Di tahun 2023 dengan bibit bawang merah untuk luas lahan 10 hektar untuk kelompok tani di Pundau produksi yang dihasilkan cukup memuaskan dimana hasil panen yang diproleh bisaenghasilkan 3 ton,” katanya
Kamis 25/05/2024.

“Menurutnya,potensi lahan untuk bawang merah di wilayah Desanya bisa mencapai 20 hektar, yang sudah digarap masyarakat,namun masih ada 10 hektar dalam pembukaan.
Untuk bibit bawang merah petani secara swadaya membeli, apa lagi harga bawang merah di pasaran tetap stabil, sehingga dengan demikian kegiatan ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat  sebagai penopang ekonomi bagi para petani.

 

 

Potensi itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin, apalagi Wamentan RI waktu berkunjung beberapa bulan yang  telah memberikan kepercayaan kepada Pemda  Majene untuk menanam bawang merah lebih banyak,Kami pun optimistis ke depan Desa Pundau bisa juga sentral penghasil bawang merah,bukan cuma Desa Pamboborang bisa menjadi daerah pemasok bawang merah di Kabupaten Majene, “tambahnya.

Lanjut, pengembangan sektor pertanian yang dilakukan di wilayahnya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian yang hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Selain itu, untuk memenuhi pasokan dan persediaan khususnya bawang merah baik di Kabupaten Majene maupun luar daerah. Agar tujuan itu tercapai, pihaknya terus berupaya memberikan pembinaan kepada warganya sebagai  petani untuk bisa meningkatkan produksi bawang merah setiap tahun.” harapnya (Whd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *