. banner 728x250
Daerah  

Pj. Gubernur Sulbar Sambangi Komoditi Usaha Kerajinan Kelapa

Majene, Kabar Baru Nusantara – 
Pohon kelapa memiliki Manfaat sangat banyak.mungkin hanya diketahui sebagai alat untuk membakar ikan dan lainnya, padahal masih banyak manfaat dari kehidupan yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jika sabut kelapa diolah secara kreatif, maka tentu akan menjadi suatu produk yang sangat berguna untuk kebutuhan masyarakat, seperti kerajinan komoditi sabut kelapa dari Gudang Kreative PT. Litani Abadi Nusantara di Desa Bababulo Kecamatan Pamboang.

Usaha kerajinan kreatif sabut kelapa ini, dari seorang remaja perempuan atas nama Adelia Dwi Puspita berusia 19 tahun yang kini mampu mengekspor ke pasar internasional dari hasil kerajinan komoditi sabut kelapa.

Usaha kerajinan sabut kelapa di Desa Bababulo, kini mendapat kunjungan Pejabat Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama rombongannya, Kamis (05/01/2023).

“Seiring meningkatnya permintaan produk turunan kelapa di pasar global sebagai bahan baku industri, maka sabut kelapa sangat prospektif untuk ditingkatkan,”pintanya.

Ia mengapresiasi dan terkesan dengan usaha yang didirikan remaja perempuan Adelia Dwi Puspita seorang Mahasiswa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) itu. “Kunjungan kami ini untuk melihat proses produksi, dan anak muda kreatif bisa menginspirasi masyarakat banyak,” ujarnya.

Ia berharap, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memberikan perhatian kepada pengusaha muda lainnya yang ikut berkontribusi dalam mengelola potensi daerah.

“Potensi dan peluang usaha sabut kelapa di Desa Bababulo ini, diharapkan Dinas perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Sulbar dapat membantu alat pengolahan produksi sabut kelapa sesuai dengan standar pengoperasian dan semua alat yang dibutuhkan untuk membantu produksi dengan quantity besar,” harapnya.
Ia berpesan, kepada anak mudah dengan zaman di era digital saat ini harus lebih cerdas menggunakan HP dan sosial media untuk hal yang bermanfaat. “Jangan hanya digunakan untuk berpacaran dan scroll sosial media yang menghabiskan waktu tanpa perubahan,” pesannya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bababulo Mohammad Arzil Alimuddin mengucap apresiasi atas kunjungan Pejabat Gubernur Sulbar bersama rombongan di Desa Bababulo. “Kita harapkan dalam kunjungan Gubernur Sulbar dapat lebih meningkatkan usaha ekonomi di Desa Bababulo pada umumnya wilayah Sulbar dalam hal bantuan alat dan permodalan,” harapnya.

Ia mengungkapkan, kreatif usaha sabut kelapa dari Gudang Kreative PT. Litani Abadi Nusantara di Desa Bababulo telah terbukti kualitas dan mengekspor sampai menembus ke pasar internasional. “Kerajinan ini sudah ada beberapa pengusaha dari luar negeri ingin bekerjasama dalam hal pengembangan komoditi sabut kelapa ini,” akunya.

Ia menyebut, selain usaha kerajinan komoditi sabut kelapa, juga terdapat beberapa usaha anak muda telah berjalan di Desa Bababulo, diantaranya perbengkelan, pengemasan ikan dan usaha lainnya untuk dikembangkan.

“Usaha kerajinan komoditi sabut kelapa ini, berjalan sejak 2019 dan telah mempekerjakan beberapa orang karyawan,
” terangnya.(whd)

Editor: SW