. banner 728x250

Petani Desa Totolisi Sendana,Mendapatkan  Dana Konvensasi Sewa Alsintan.

Majene,Kabarbarununsatara.Com-Perintah Desa (Pemdes) Totolisi Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene,Alat mesin pertanian (Alsintan) jadi salah satu solusi meningkatkan efisiensi usaha petani. Guna memudahkan pengelolaan lahan pertanian dengan menggencarkan program pengembangan Pertanian.

 

Rudy,Pj.Kepala Desa Totolisi Sendana mengatakan bahwa kondisi petani di desanya untuk saat ini belum memiliki alsinta untuk penggarapan persawahan tada hujan. Pemerintah desa dengan BPD bersama masyarakat petani sepakat untuk memberikan kompensasi biaya sewa Alat traktor untuk tahun anggaran 2023.Bantuan ini merupakan dukungan dalam rangkah peningkatan hasil pertanian.”melalui pesan Wshapp selasa 23Mei 2023.

“Menurutnya, tenaga kerja petani saat ini makin berkurang. Apalagi di sisi lain generasi muda banyak yang tidak mau terjun ke usaha tani karena alasan kotor dan panas.

“Selain itu,Berkurangnya tenaga kerja pertanian mendorong pemerintah desa memberikan bantuan dana kompensasi untuk biaya sewa (alsintan) traktor roda dua.Lokasi areal peraawahan di Dusun Totolosi, dengan waktu 7 hari kerja,cakupan aeral  15 hektar. Besaran anggaran 20 juta bersumber dari Dana Desa (DD) dari 20 % ketahanan pangan untuk pemulihan Ekonomi.

diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian, sekaligus mendorong peningkatan pendapatan petani serta menumbuhkan petani-petani milenial guna mengatasi kelangkaan tenaga kerja.“dana yang diberikan dimanfaatkan sebaik mungkin. sebelumnya mengolah tanah dengan cara manual atau sewa sendiri, dengan adanya bantuan,petani tidak perlu berpikir untuk sewa, sehingga ada manfaat dari segi ekonomi tani di situ,” ujarnya.(whd)