. banner 728x250

Pemdes Totolisi Sendana Gelar Pestipal Mesawe Totamma

Majene,Kabar Baru Nusantara.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Totolisi Sendana Kecamatan Sendana gelar kegiatan Pestifal Mesawe Totamma.Merupakan agenda rutin setiap tahun.Progran Pemdes menjadi kesepakatan  dengan masyarakat dalam perencanaan tahun anggaran 2023.

Pj.Kepala Desa Totolisi Sendana Rudy dalam sambutanya,kegiatan merupakan syiar Agama sebagai momentum dalam diri anak-anak generasi emas Islam dalam menyelesaikan khataman Al-Quraan.

Sehingga meraka ikut Mesawe Totomma di desa,sekaligus menjaga dan menguatkan podasi Agama Allah.Melestarikan sebuah budaya yang bernuansyah kearifan lokal yang sarat dengan nilai – nilai keagamaan.Selasa 11 Juli 2023.

Selain itu,Pemdes Totolisi Sendana memberikan aspresiasi kepada panitia dan masyarakat atas konstoribusi  tenaga dan pikiran sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik.

Mudah-Mudahan kegiatan seperti bisa terus berjalan,sebagai pijakan kegiatan keagamaan selanjutnya.” Ujar rudy.dalam sambutanya.

Dia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Totolisi Sendana kegiatan ini bisa menjadi motivasi kepada generasi  pelanjut di desa ini untuk bisa membumikan dalam dirinya bacaan Al-Quran juga mampuh untuk menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.Bukan cuma itu mereka juga bisa tampil dalam barisan arak-arakan dengan mengendarai kuda dengan diiringi detuman rebana dengan Syair kalindada sebagai pantun orang mandar.Dirinyapun sangat berharap kepada warga agar bisa menjadi menyemangat, motivasi,support bagi masyarakat Desa Totolisi Sendana untuk mendorong sselurh kalangan, untuk lebih rajin membaca Al-Quraan.Dalam hadist riwayat Bukhari Muslim dikatakan bahwa ” bacalah bait Al-Quraan kelak akan datang pada hari kiamat natinya untuk menjadi safaat yang baik kepada pembacanya ” Sebut Pj.kades.

“Sementara itu,Naharuddin.S.Pdi ketua Panitia menyebut bahwa kegiatan ini bisa terlaksana atas dukungan pemdes totolisi bekerja sama dengan masyarakat.jauh sebelum dilaksanakan masyarakat telah mengusulkan kepada pihak pemdes agar bisa di anggarakan dalam APBDes desa tahun 2023.Untuk kegiatan Pestifal Mesawe Totomma di ikuti 50 kuda,dan sebagian pesertanya dari warga Totolisi Sendana.Naharuddim juga menyebut bahwa Pelaksanaan tahun ada peningkatan jika dibandikan tahun sebelumnya,tahun lalu persertanya hanya 48 ekor  kuda, namun tahun ini sudah mencapai 50 ekor kuda.artinya warga Totolisi konsiten ada.kenaikan.”tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan,Wakil Bupati  Aris Munandar,Sudirman Kadis DPMD,Busril Kamedi Kadis UKM dan Koperasi,Jasman Anggota DPRD,Camat Sendana,Kapolsek Sendana, Danramil,Toko masyarakat,Aparat Desa,Ketua BPD beserta Anggotanya.

 

Penulis : Abd.Wahid.