. banner 728x250

Pemdes Temerod’o Utara,Gunakan DD Bantu Petani Berantas Hama Babi Hutan

Majene,Kabar Baru NusantaraPemerintah Desa (Pemdes) Tamerod’o Utara, Kecamatan  Tamerod’o Sendana Kabupaten Majene, mengadaan alat pembasmi hama babi hutan dengan menggunakan Dana Desa(DD) T.A 2023.

Untuk membantu petani pihak Pemdes telah sepakat di masukan dalam ABDes,sebagar rencana program untuk pembelian alat pembasmi hama babi hutan.Pada Pencairan Dana Desa tahap satu di tahun 2023.

Kepala Desa Tamerod’o Utara Muliadi.S.Pd mengatakan, pembelian alat tersebut berdasarkan hasil musyawarah masyarakat  Desa,tujuanya untuk membasmi hamah babi hutan yang meresahkan para petani, terutama petani jagung, kacang tanah,sawah, petani sayuran.

“Pembelian alat tersebut berdasarkan hasil musyawarah masyarakat desa, karena banyak warga yang mengeluhkan banyak babi hutan yang merusak tanaman pertanian mereka,” kata Kades. Ketika di hubungi melalui via telpon Jum’at. 22/09/ 2023.

“Menurutnya,14 Unit strom babi,di peruntukan kepada 14 KK, digunakan untuk mengamankan tanaman perkebunan jangka pendek dari serangan hama babi.Alat itu berupa Aki,modul,kabel telanjang atau kawat kontak, waring atau jaring dan panel sinar surya.Penyerahan alat ini di serhakan di Kantor Desa bulan Agustus 2023 yang lalu,”ujarnya.

“Selain itu,Kapasitas strom tersebut dapat mengamankan lahan perkebunan warga seluas kurang lebih satu hektare,
”jelasnya.

Lanjutnya dia, bantuan tersebut diberikan kepada warga yang benar-benar memiliki lahan perkebunan yang sementara dalam penggarapan.

“Dia berharap,dengan adanya bantuan tersebut para petani bisa terbantu dalam mengatasi serangan hama babi yang merusak tanaman petani jagung dan tanaman lainya khususnya di malam hari,” imbuhnya.

Sementara itu,Salah satu petani yang mendapatkan bantuan alat,tidak mau di sebut namanya mengatakan,kami sangat terbantu dengan adanya bantuan alat  stroom babi dari pihak Pemdes Temerod’o Utara,yang selama ini membuat resah.
Bantuan ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin agar hasil pertanian bisa terhindar dari serangan hama babi hutan,”tuturnya dia.(Wh)