. banner 728x250

Pemdes Tamerod’o Utara Gelar Rembuk Stunting

Majene,Kabarbarunusantara.com Pemerintah Desa (Pemdes) Tamerod’o Utara Kecamantan Temerod’o gelar Rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan,Paud, masyarakat desa dengan pemerintah desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di desa.

Bertempat di  Aula kantor Desa  Tamerod’o Utara telah di adakan rapat rembug stunting oleh Pemdes,Kecamatan,dan lintas sektor Desa Tamerod’o Utara, 5/06/2023.

Acara yang di buka secara lansung Kepala Desa Tamerod’o Utara,Muliadi  dalam arahan mengatakan,rembug ini kita mencari dan mengangkat masalah dimana dalam upaya menekan stunting di desa. Sehingga menciptakan generasi yang baik.

“lanjut dia dalam sambutanya, Rembug Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2024, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan stunting.” Ungkap Kepala Desa.

Mengingat ke acara inti yaitu pembahasan permasalahan yang di bawa oleh KPM desa dimana permasalahan permasalahan tersebut di angkat dari setiap Posyandu-Posyandu yang ada di Desa” ujar Muliadi,
Selain itu, Menjawab pertanyaan masyarakat dan para Kader dalam rangka menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap pentingnya pencegahan dan penanganan serta pentingnya sosialisasi terus menerus menyatakan bahwa dirinya dan seluruh lapisan kadernya akan siap mengoptimalkan program ini, supaya Stunting bisa dicegah sedini mungkin.

“Saya selaku Kepala Desa siap untuk melakukan pencegahan dan penanganan kasus Stunting di desa kita ini, akan tetapi hal ini perlu dilakukan bersama dengan para Kader dan di dukung oleh masyarakat itu sendiri,” ucap Kades.

Ditambahkan Kades, “Pemdes Tamerod’o Utara sangat berharap kepada para Kader dan masyarakat desa tentang apa saja yang telah diraih di tahun 2023 ini dan usulan untuk mencegah dan mengantisipasi pencegah Stunting, agar masyarakat terhindar dari bahaya Stunting dan kita mengantisipasi anak-anak supaya tidak mengalami gizi buruk dan cacat pisik,” tuturnya.

Turut hadir pada acara itu,Camat Tamerod’odi wakili Staf sosial,BPD ,Ketua TP PKK, KPM Desa, Ketua Posyandu, Kelian KB sedesa ,kepala Sekolah,toko masyarakat,Pendamping Desa,Puskesmas.

Penulis : Abd.Wahid.