. banner 728x250

Pemdes Pundau Subsidi Biaya Bajak Sawah untuk Petani

Majene,Kabar Baru Nusantara- Pemerintah Desa (Pemdes) Pundau, Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Sulawesi Barat akan memberikan subsidi biaya bajak sawah, sebagai upaya menurunkan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas hasil tani di kalangan petani.

Kepala Desa Pundau,Suharman
,mengatakan program unggulan layanan bajak sawah bagi petani itu direncanakan pada musyawarah desa tahun lalu,dimulai pada tahun ini.

“Layanan subsidi bajak sawah itu akan dilaksanakan dimulai tahun anggaran 2023,karena di tahun ini anggaran telah disusun tahun sebelumnya,
“katanya.ujarnya ketika di temui Sabtu 22/07/23.

Selain itu,Pemdes Pundau terus memacu sektor pertanian karena hampir 70 persen masyarakat dipundau bergerak di sektor pertanian,terutama padi sawah.

Sektor pertanian juga memberikan kontribusi dominan terhadap warga desa.Produk untuk ketersedian gaba bisa ditingkatkan, hingga menjadikan prioritas bagi Pemdes pundau dalam Rencana Pembiayaan dalam APBDes desa.Untuk anggaran yang digunakan bersumber dari Dana Desa (DD) pada tahap pertama pencairan tahun 2023.” urainya

Tujuan memberikan subsidi kepada warga petani,untuk meringankan biaya dalam pengelolaan garapan,terlalu mahal akibat kenaikan BBM.

Di samping itu,juga meningkatkan ekonomi masyarakat dengan perluasan lapangan kerja berbasis pertanian, industri dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dia berharap,dengan bantuan pembiayaan,produksi pertanian terutama gabah kering di Pundau terus terjadi peningkatan setiap tahunnya.”tutur Suharman

Penulis: Wahid Halapir