. banner 728x250

Pemdes Pundau Bangun TPT Untuk Selamatkan Pemukiman Warga

Majene,Kabar Baru Nusantara.-Pemerintah Desa (Pemdes) Pundau,Kecamatan sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar),bangun taluk penahantanah (TPT) Pemukiman Warga. Pembangunan taluk  tersebut di anggarkan melalui Dana desa tahun anggaran 2023.

Kepala Desa (Kades) Pundau Suharman ditemui menjelaskan, pembangunan taluk, tujuannya untuk bisa menahan tanah di jalur jalan desa, menghindari terjadi tanah lonsor,Apalagi di sekitar areal ada pemukiman warga.Sebelumnya sudah ada perencanaan namun terkendala masalah dana,namun tahun sudah bisa di realisasikan. Untuk saat ini beberapa penyangga sudah ada,namun tidak di jamin ketahanan juga kekuatan.
“Jelasnya kepada awak media sabtu 15/6/2023.

“Lanjut Suharman,bahu jalan yang ada dusun pundau tengah sangat rawan akan roboh,badan jalan berada ditinggian.
Sehingga mengakibatkan terjadinya  pergeseran pada tanah dampak adanya abrasi tanah.Patahan tanah yang tergusur air tentunya ini menjadi skala prioritas pemdes untuk membangun taluk.dengan menggunakan anggaran DD tahun 2023 sesuai hasil kesepakatan warga saat rapat musrembang berlangsung dan termuat di dalam APBDes.
,”ungkapnya.

Selain itu,untuk pengunaan DD berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan, setiap kegiatan berdasarkan hasil musyawarah desa yang tertuang dalam rencana kegiatan pembangunan pemerintah desa untuk dapat dilaksanakan dan dipublikasikan secara transfaran. agar tidak ada lagi paradigma atau pemikiran negatif dari warga masyarakat Desa Pundau.Untuk diketahui, dalam pengerjaan taluk  Penahan Tanah (TPT) di Dusun Pundau tengan para pekerja melibatkan warga setempat,sebagai pemanfaat dan pemberdayaan.”tutur Suharman.

Penulis : Abdul Wahid