. banner 728x250

Pemdes Limboro Gelar Rembuk Stunting,Melalui Konvergensi dan Edukasi  

Alimuddin,S.Pd.I Pj.Kades Limboro Rambu- Rambu, gelar Rembuk Stunting untuk meningkatkan kesehatan Masyarakat, terutama Baduta dan Balita.legiatan ini berlansun di Aula Kantor Desa.29/05/2024.

MAJENE,KBN.Com-Pemerintah Desa Limboro Rambu-Rambu Kecamatan Sendana Kabupaten Majene menggelar Rembuk Stunting dan Perencanaan diAula Kantor Desa Rabu  29/5/2024 beberapa hari yang lalu.

Tujuan dilaksanakannya Rembuk Stunting yaitu untuk menyusun road map (peta jalan) dalam pencegahan stunting antara kader posyandu, KPM, paud, masyarakat dengan Pemerintah Desa dan BPD dengan mendayagunakan sumber daya Pembangunan yang ada di desa.

Pj.Kepala Desa Limboro Rambu-Rambu Alimuddin,S.Pd.I Dalam
sambutannya  menyampaikan
bahwa, kegiatan Rembuk Stunting ini adalah wadah mencari solusi untuk pencegahan stunting di desa serta sebagai sarana edukasi dan komunikasi. ” Melalui Konvergensi Pencegahan Stunting Kita Wujudkan
Sumber Daya Manusia Yang Sehat, Unggul dan cerdas”

Juga menambahkan bahwa, pada prinsipnya Pemerintah Desa  dan BPD,berkomitmen penuh untuk melaksanakan program pencegahan stunting baik melalui program nasional maupun program yang akan direkomendasi melalui Rembuk Stunting ini,” jelas Kades jum’at 15/06/2024 melalui via telpon.

Diskusi dalam rembuk ini berfokus pada pembahasan program dan kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama-sama untuk mengurangi angka stunting di Desa Langkah-langkah konkret yang di usulkan antara lain adalah, pendampingan ibu hamil dan anak balita dan ibu hamil,diberikan nutris untuk menjaga kesehatan, peningkatan akses terhadap pelayanan kesehatan, serta edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi dan sanitasi yang baik.” Ujar Pj.Kades.

Sementara itu,narasumber pada acara tersebut, Menciptakan generasi yang unggul, sehat dan cerdas adalah tugas mulia,” ungkapnya.

Masih dalam kesempatan yang sama,narsumber,menyebut perlu adanya kesamaan data antara puskesmas dan kader Kesehatan. Sehingga dapat mempermudah dalam Menyusun road map pencegahan stunting dan pelaporan,” harap

Selain itu,diskusi yang produktif, dengan kesepakatan bersama untuk melanjutkan upaya pencegahan stunting melalui program-program sosialisasi dan pendidikan yang lebih luas.Semangat kebersamaan dan gotong royong terasa begitu kuat dalam setiap langkah yang diambil, menunjukkan komitmen jangka panjang untuk menciptakan generasi penerus yang sehat dan tangguh. Dengan bersatu dan bekerja sama, kita bisa memberikan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak.” bebernya

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Bidan Gizi, Bidan Kesling dan Kader Kesehatan.

“Turut hadir,Perwakilan Puskesmas Sendana,UPDT KB Sendana,Kepala Desa Limboro bersama perangkat
Bidan Desa,Ketua dan Anggota BPD, Kader Posyandu,pendamping Desa, Babinsa,Kepala Sekolah SD dan toko Masyarakat,

Penulis : Wahid Halapir.