. banner 728x250

Pemdes Lalatedzong Gelar Musrembang Untuk Anggaran 2025, Bahas RKPDes 2025

Kepala Desa Lalatedzong Ridwan Maruseng Pimpin Musyawarah Dalam Menyusun RKPDes Tahun 2024 Di Aulah Kantor Desa Rabu 11/07/2024.

MAJENE,KBN.Com-Memasuki Pertengahan tahun Anggaran 2024, seluruh pemerintah desa (Pemdes) disibukan dengan kegiatan Perencanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Pemdes Lalatedzong Kecamatan Sendana Kabupaten Majene pada Rabu  (10/07/2024) juga melaksanakan Musrenbangdes dalam rangka RKPDes dan RKPD kabupaten Majene tahun 2025.

Bertempat di Aula kantor Desa  dan dihadiri oleh Kasi PMD kecamatan Sendana,Kepala Desa Lalatedzong, beserta perangkat desa,BPD,LPM Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RT,Petugas Kesehatan.

Ridwan Maruseng Kepala Desa Lalatedzong, mengatakan musyawarah rencana pembangunan desa ini menjadi dasar dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun 2025.
“ RKPDes adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah tujuan pencapaian visi dan misi desa,
” ucapnya.

“Terwujudnya rencana kerja pemerintah desa pertahunnya merupakan bentuk upaya dalam terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes),” imbuhnya.

“Ridwan melanjutkan, kegiatan Musrenbangdes ini selain menentukan sekala prioritas kegiatan juga untuk menyepakati program-program apa saja yang akan dilaksanakan dan dibiayai oleh APBDes.

“Kegiatan yang tidak bisa dibiayai APBDes akan diusulkan melalui Musrenbang kecamatan,” jelas
Ridwan. “Untuk itu partisipasi saran dan masukan dari masyarakat sangat diperlukan untuk kemajuan pembangunan desa,” katanya.

Ridwan, menghimbau masyarakat supaya jangan pernah bosan-
bosan menyampaikan aspirasi untuk membangun desa, dan bersama-sama ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbangdes.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan Musrenbangdes semua warga desa Lalatedzong dapat mengetahui lebih jauh dan lebih berpartisipasi lagi dengan program-program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa. (Wid)