. banner 728x250

Pemdes Binanga Kembali Salurkan BLT-Desa Periode III 2023

Majene,Kabar Baru Nusantara-Pemerintah Desa (Pemdes)Binanga Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene  salurkan secara serentak Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),Rabu(6/9/2023)

Penyaluran yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Binanga, sebanyak 20 KPM selama bulan juli,Agustus dan september.Hal itu sesuai dengan data Penyaluran BLT-DD bulan Januari 2023,sebesar Rp.300.000 per KPM.”Ungkap kades melalui pesan WhsApp.

“Asnawi Kepala Desa Binangamenjelaskan,

bahwa BLT-Desa tahun ini jumlah penerimanya tidak sama dengan tahun kemarin.

“Tahun ini Dana Desa (DD) untuk BLT-DD dibatasi minimal 10 persen, maksimal 25 persen dan jumlahnya 20 KPM.Sedangkan besarannya Rp300.000,- perbulan,” ucapnya saat memberikan sambutan, di Balai Desa  (06/09/2023).

“Ia menjelaskan,persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201 PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa 2023.

“Adapun kriteria penerima bantuan ini adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentang sakit, tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga tunggal atau lanjut usia,” pungkasnya.

“Asnawi,berharap dengan adanya bantuan ini bisa membantu untuk memulihkan ekonomi masyarakat.Menyalurankan BLT-DD dihadiri langsungBabimkantimasSekdes,Pendamping desa, Perangkat desa,BPD,dan warga penerima manfaat.

“Di sebutkan pula bahwa sebelum penyaluran ia memberikan arahan dan sosialisasi kepada KPM penerima BLT-DD Tahun 2023,bahwa dana yang diberikan agar sebisanya di gunakan untuk kebutuhan keluarga.sehingga bantuan dari pemerintah dapat meringankan ekonomi mereka.

“Ia juga memberikan apresiasi kepada aparat desa Binanga karena seluruh pihak yang telah bergerak serentak sehingga BLT-DD tahap III bulan juli 2023 ini dapat disalurkan dengan lancar kepada warga yang terdaftar, ”ujar.

Ia berharap dengan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat meringankan beban masyarakat.Pasca pademic covid.dapat membantu masyarakat miskin,
dalam pemulihan ekonomi  terhadap sendi-sendi kehidupan dan kesehatan.

Penulis: Wahid Halapir