. banner 728x250

Pemdes Banua Sendana Distribusikan Pupuk Pada Masyarakat

Mejane, Kabar Baru Nusantara – Dalam rangka untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan perkebunan, Pemerintah Desa Banua Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene, menyalurkan bantuan pupuk pertanian kepada masyarakat setempat.

Penyaluran bantuan pupuk non subsidi tersebut diserahkan secara simbolis oleh, Kepala Desa Banua Sendana Ruslan Said.S.Sos kepada pemenerima di Kantor Desa,turut disaksikan oleh,Perangkat Desa, Kepala Dusun dan penerima bantuan.penyerahan ini di serahkan beberapa hari yang lalu “Ujar Ruslan kepada awak media jum’at 20/01/2023.

Menurut dia,bantuan pupuk pertanian ini merupakan salah satu program ketahanan pangan yang telah direncanakan dalam APBDes Tahun Anggaran 2022.

“Sumber pengadaan pupuk dari dana desa program ketahanan pangan sebesar 2% yang sudah dialokasikan ke dalam anggaran pendapatan dan belanja Desa (APBD) tahun 2022,” ungkap Ruslan.
Selani itu, pihaknya sengaja memanfaatkan dana desa untuk membelanjakan pupuk, sebab selain berkaitan dengan program ketahanan pangan masyarakat, sebagian besar warga Banua Sendana juga didominasi oleh petani sawah dan pekebun sayur.

“Masyarakat kita dominannya adalah petani persawahan dan banyak juga masyarakat berkebun, karena itu untuk menunjang penghasilan mereka kita bantu melalui pemberian pupuk pertanian,apa lagi pupuk paten mampuh menghasilkan pertumbuhan tanaman dengan luas lahan 1 hektar, satu kali disemprotkan dengan perbandingan pupuk urea.apa lagi pupuk dalam bentuk cair sangat praktis ketika mau di gunakan,” ujarnya.

Di katakan pula program bantuan pupuk non subsidi
sebelumnya juga telah dimusyawarahkan,
dalam musyawarah desa (musdes) dan perangkat desa, pihak BPD serta didampingi Pendamping lokal Desa. Para peserta musyawarah sepakat melakukan pengadaan pupuk untuk membantu masyarakat di bidang pertanian.bantun ini para petani masing-masing kepala rumah tangga mendapatkan 2 dos pupuk,” pungkasnya.

Dia berharap kepada penerima pupuk paten ini dapat mantan warganya untuk peningkatan hasil panen nantinya, sehingga apa yang harapkan bisa meningkatkan kesejatraan mereka.”tutur Ruslan. (Whd)

Editor: SW