. banner 728x250
Daerah  

Pelan Pelan Tapi Pasti,Pemkab Majene Terus Bangun Infrastruktur Jalan

MAJENE,KBN.COMPemerintah Daerah Kabupaten Majene, Sebagai jalur ekonomi yang menghubungkan dari satu keluraha ke Kelurahan lainya, yaitu lembang,dan baurung maka Pemerintah Kabupaten Majene terus berupaya untuk memberikan akses yang memadai seperti pembangunan infrastruktur Jalan di Kelurahan Lembang dengan panjang 12 KM  meter di Kecamatan Banggae Timur.

Perbaikan dilakukan agar masyarakat memperoleh akses jalan yang memadai guna memajukan dan menguatkan perdagangan, pertanian,pariwisata,
pendidikan dan kesehatan.

 


Bupati Majene,H.Andi Achmad Syukri saat temui mengatakan pada Sabtu (28/10/2023),bahwa pengaspalan jalan yang berada di Kelurahan lembang menjadi prioritas karena jalan tersebut sebagai jalan alternatif. Pembangunan tersebut akan terus dilanjutkan ditahun depan karena masih ada beberapa KM lagi yang harus diperbaiki.Selain di Lubang dan Baurung,juga di Kelurahan Tande Timur Lingkungan Talumu juga ada pekerjaan rabat beton.

“Saat ini tingkat perekonomian di Kabupaten Majene ini,telah tumbuh menjadi sentra sentra industri rakyat. Sehingga jalan ini akan lebih menjamin distribusi barang maupun jasa,” jelasnya

“Menurut dia, pembangunan infrastruktur jalan menjadi salah satu program prioritas pembangunan pada tahun ini. Setelah tahun-tahun sebelumnya hampir tidak kegiatan fisik,akibat adanya pamdemic copic 19 di tambah lagai adanya aturan dari PMK. Tahun ini fokus pada program-program pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Mohon maaf kalau ada jalan yang belum sempat tertangani, karena kemarin kami fokus untuk memulihkan ekonomi rakyat dulu. Insya Allah secara bertahap akan kami kerjakan mulai tahun ini,” ujar Ast.
“Bupati mengimbau agar warga turut berpartisipasi dalam pemeliharaan jalan beraspal.

“Kami berharap masyarakat ikut merawat jalan-jalan yang sudah bagus ini. Kami juga minta agar ada pembatasan untuk jumlah kendaraan bertonase besar agar jalan tidak cepat rusak. Sekarang jalannya sudah bagus, mohon tetap berhati-hati.Jangan ngebut, Keselamatan harus diutamakan,” ujar Andi Syukri.

Selain pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan, lanjut dia,juga ada pembangunan sarana Pendidikan,kesehatan,
utamanya yang rusak karena bencana di beberapa kecamatan,untuk pekerjaan  jembatan yang akan dikerjakan dan memprioritaskan jembatan-jembatan yang rusak akibat bencana alam,untuk segera di perbaiki

“Dia menambahkan bahwa, pembangunan infrastruktur jalan tujuannya adalah untuk mendorong bangkitkan ekonomi di berbagai kecamatan,kelurahan dan Desa, agar mampu meningkatkan produksi industri masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) Majene Andi Asrar mengatakan, tahun depan akan ada diperbaiki jalan menuju Desa Limboro belum diperbaiki.Namun Pihaknya akan berupaya bagai mana kita bisa mendapatkan Porsi anggaran DAK dari Pusat lebih besar lagi.” Harapnya dia.

Di katakan pula banyaknya kerusakan jalan yang belum sempat mendapatkan perbaikan tahun lalu, karena memang selama pandemi ada ketentuan recofusing. Semua anggaran untuk insfrastruktur dialihkan untuk menyelamatan nyawa banyak orang dari bahaya Corona.Setelah pandemi, kini kami memperbaiki banyak jalan.”tuturnya melalui via telpon Sabtu 28/10/2023 kepada media Online.

Sementara itu, pihak penanggung jawab pekerjaan jalan Abdul Rasid,mengatakan untuk saat pekerjaan pengaspalan di Kelurahan Lembang dan Baurung hampir rampung,Kami Pihak CV.Makkawaru Putra dan CV. Baji Dalle Sejatera optimis akan merampungkan pekerjaan sebelum kontrak kerja selesai.Paket pengaspalan di di Kelurahan Lembang dan Baurung,juga ada beberapa titik dibangun taluk untuk menghindari tanah dasarnya tidak lonsor,terutama bahu jalan,juga badan.Untuk dananya bersumber DAK tahun 2023. “tuturnya ketika di temui.

Penulis : Wahid