. banner 728x250

Menjelang Lebaran,Pemdes Simbang Salurkan BLT DD Kepada KPM T.A. 2024

Kepala Desa Simbang Rahmadi,S.Pd Menyerahkan Bantuan BLT Secara Simbolis Kepada KPM Warga Desa Simbang Jum'at 14/06/2024 di Aula Kantor Desa.

MAJENE,KBN.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Simbang Kecamatan Pamboang Kabaputen Majene Provinsi Sulawesi Barat.Menyalurkan bantuan jelang Lebaran Idul Adha,Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa.(DD) ini merupakan salah satu program yang diprioritaskan untuk dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia (RI) Nomor 146 Tahun 2023 tentang Pengalokasian Dana Desa Setiap Desa, Penyaluran, Dan Penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2024 Pasal 16 ayat 2 huruf a.

Program ini menyasar setidaknya 5 kategori sesuai PMK 146 tersebut. Yaitu (1) kehilangan mata pencaharian; (2) mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/ kronis dan/ atau difabel; (3) tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan; (4) rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/ atau (5) perempuan kepala keluarga dari keluarga miskin.

Diharapkan, program ini tepat sasaran dan dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka mendukung penurunan persentase tingkat kemiskinan ekstrim. Hal ini disampaikan oleh  Kepala Desa Simbang Rahmadi,dalam sambutannya.Kegiatan ini merupakan program yang memang harus di Danai Oleh Pemdes untuk di anggarkan dan menjadi prioritas, karena kita dituntut agar bagaimana persentase tingkat kemiskinan ekstrim itu turun bahkan target pemerintah pusat dalam RPJMN nya itu Tahun 2024 sudah 0% untuk masyarakat dengan kategori miskin ekstrim. Olehnya itu kita harus pastikan ini tepat sasaran,Untuk tahun ini warga penerimah 15 KK,di sebapkan karena adanya, pengurangan bagi masyarakat yang menerimah bantuan lainya dari Pemerintah,”Jelasnya, pada penyaluran BLT jum’at  14/06/2024 ketika di temui di kantor desa.

Selain itu, juga disampaikan oleh Kepala Desa Simbang,Dengan adanya BLT DD ini semoga bisa membantu masyarakat guna untuk kebutuhan sehari hari, serta bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin guna untuk pengobatan yang sedang sakit ataupun untuk pemenuhan kebutuhan makan sehari-hari termasuk  jelang lebaran Haji.

Di Katakan pula bahwa,kepada penerimah untuk memanfaatkan bantuan ini,sebaik mungkin sesuai kondisi yang ada.Dikarenakan
masih banyak yang tanya ” kenapa saya tidak pernah dapat BLT” kita harus bersyukur bahwa kita masih bisa bekerja mencari nafkah untuk kaluarga,di bandikan warga lainya.

” Saya berharap khususnya untuk Masyarakat Desa Simbang, tidak ada lagi yang masuk kategori miskin ekstrim. Maka dari itu mohon kerjasamanya semua pihak baik dari Perangkat Desa, Pendamping Desa, BPD, PKK, Karang Taruna dan seluruh stakeholder di lingkup Desa Simbang untuk terus kekerja sama dalam menuntaskan kemiskinan,
” Harapnya.

Untuk diketahui, program ini akan berlangsung selama satu tahun atau 12 bulan di tahun 2024 yang skema penyalurannya setiap 3 bulan sekali dengan total anggaran  Bersumber dari Dana Desa.***

Penulis: Wahid Halapir