. banner 728x250
Daerah  

Kominfo dan DPRD Majene Sharing Informasi Smart City di Gowa

Majene, Kabar Baru Nusantara – Komisi III DPRD Kabupaten Majene, didampingi Diskominfo melakukan kunjungan kerja atau kaji banding ke Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Sulsel, Rabu (22/3/23).

Kaji banding ini dilakukan sebagai sharing informasi atas rencana pelaksanaan smart city di Kabupaten Majene.

Ketua Komisi III DPRD Majene Abdul Wahab mengatakan, dilakukannya kaji banding ke Diskominfopres Gowa untuk mendapatkan penjelasan secara langsung bagaimana pelaksanaan program di Smart City.

”Pelaksanaan smart city di Kabupaten Majene dalam proses tahapan awal sehingga dibutuhkan shering informasi, pengalaman, agar pelaksanaan program smart city di Majene berjalan dengan baik,” ungkapnya Wahab saat ditemui Kamis (23/3/23).

Menurutnya, kaji banding
dilakukan selama dua hari, dari tanggal 20 hingga 21 Maret, lalu. Komisi III memang mendukung dan mendorong smart city di Majene untuk mempermudah layanan layanan seperti persuratan. Jadi sekali pun pimpin daerah tidak ada di tempat bisa dilihat secara mobile dan ditandatangani langsung.” Ujar wahab.

Kepala Diskominfo SP, Mohd. Andri A. Nugraha, menjelaskan tahun 2023, Kabupaten Majene berdasarkan hasil asesment Kementerian Kominfo, terpilih untuk melaksanakan smart city, dan itu merupakan bagian dari sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Menurut Andri, tahun ini Diskominfo Majene, fokus ke smart city pada layanan kesehatan yaitu rumah sakit dan beberapa Puskesmas. Tentu tujuannya, tidak lain untuk mempermudah pelayanan, seperti akses informasi pelaksanaan poli dokter, antre digital, jumlah ketersediaan kamar dan lain lain.

”Semua itu, bisa diakses via web maupun ponsel yang berbasis Android dan IOS,” terangnya. (whd)