. banner 728x250

Kades Pamboborang Bantu Cultivator Kelompok Tani Sandang

Majene,Kabar Baru NusantaraPemerintah Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae,Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, menyalurkan bantuan alat mesin pertanian yaitu cultivator yang berfungsi untuk mengolah tanah sekunder kepada  kelompok tani di Desa.

“Dengan penyaluran alat ini kami harapkan dapat membantu dan memudahkan petani dalam mengolah lahan pertaniannya,” kata Kepala Desa Pamboborang, Agustus. SSi,Kamis 20 Juli 2023.

Menurut dia, dua kelompok tani yang penerima bantuan alat tersebut yaitu Kelompok Tani Sandang dusun galung paara selatan.Kelompok tani menerima satu alat cultivator kecil 1 unit,penyerahan alsintan di laksanakan dihalaman kantor Desa.” ujarnya.

Ia berharap, alat tersebut dapat membantu petani dalam mengolah lahan pertaniannya terutama untuk lahan bawang merah,sehingga produksi bawang merah meningkat guna mendukung ketahanan pangan di Desa Pamboborang.

“Alat tersebut juga bisa digunakan untuk membajak sawah, kemudian membuat lajur pertanian sehingga dapat meringankan beban petani dalam mengolah lahan pertanian dengan menerapkan alat dan teknologi pertanian,di samping itu,bantuan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) yang tahun 2023.” katanya.

Dia berharap kepada ketua kelompok tani Sandang,agar alat ini bisa dirawat dan di peliharan sehongga bisa awet dan langgen.”Pesan Kades.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sandang yang enggan di tulis namanya mengatakan, bantuan alat tersebut dapat membantu kami sebagai petani dalam mengolah lahan.

“Kami sangat berterimakasih kepada pemdes Pamboborang atas perhatian kepada kelompok kami,alat ini  sangat membantu petani dalam mengolah lahan. Mengimgat untuk saat ini memang akan memulai menanam dan menyemai pada bulan ini,” Tuturnya dia.

Penulis : Abdul Wahid