. banner 728x250

Kades Lalatezdong Pantau Langsung Kegiatan Posyandu Nirmala Sari

Kegiatan Penimbangan di Posyandu Nirmala Sari Desa Lalatezdong,yang ruting di Laksanakan Sebulan Sekali Rabu 19/06/2024. Dok.Pemdes Lalatezdong

MAJENE,KBN.Com-Posyandu merupakan suatu upaya dari Pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar untuk anak dan balita.Seperti yang dilakukan Desa Lalatezdong
Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat.

Program penimbangan balita dilakukan setiap bulan di Posyandu “Nirmala Sari” yang dilakukan oleh Bidan Desa juga Kader BKB Desa Lalatezdong dan tenaga medis dari Puskesmas. Yang dipantau langsung oleh Kepala Desa Lalatezdong.

Pelayanan Posyandu Balita yang diadakan di Posyandu Nirmala Sari,di lakukan pemeriksaan Ibu Hamil .Fungsi utama dilakukan Penimbangan secara rutin di Posyandu terletak pada deteksi awal penyakit pada balita, untuk pemantauan pertumbuhan juga mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita, apa tidak mengalami stunting

Kepala Desa (Kades)Lalatezdong Ridwan Maruseng, mengatakan, pelayanan yang dilakukan di kegiatan Posyandu Baduta dan Balita yakni Pendaftaran, Penimbangan berat badan,Pencatatan berat bedan, Penentuan status tumbuh kembang,dengan sasaran  Baduta 38,balita 49 dan pemeriksaan Ibu hamil 14
” ujarnya.

“Kemudian,Penyuluhan dan konseling oleh kader Posyandu, Pemeriksaan kesehatan anak oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas atau Bidan Desa, meliputi deteksi keabnormalan tumbuh kembang dan imunisasi wajib,” kata Ridwan,Rabu (19/06/2024).

Menurut Kades Ridwan,kegiatan
Posyandu ini dilakukan setiap satu bulan sekali dipertengahan bulan, bagi warga lanjut usia (lansia), anak-anak dan balita yang berobat gratis dan untuk mengecek kesehatan dan memberikan asupan gizi tambahan.

Lanjut Ridwan, Posyandu ini bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan, mengecek dan pengobatan.

“Dengan adanya Posyandu ini sangat membantu, khususnya bagi warga kami yang kurang kesadaranya dalam hal kesehatan dan bertempat tinggal jauh dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),” ungkap dia.

Ridwan,berharap keberadaan Posyandu bisa menanggulangi beberapa penyakit yang ada diwarga. Seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. Untuk itu, dengan adanya Posyandu warga dapat mengetahui dan menanggulangi agar tidak menjadi parah.

“Pun begitu juga kegiatan Posyandu manfaatnya memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. Termasuk penimbangan anak dan balita untuk menurunkan Anka stunting,” terang dia.


“Selain itu,Kegiatan Posyandu berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita.

“Apabila penyelenggaraan Posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok di Desa Lalatezdong,” pungkas dia. (*)

Penulis : Wahid Halapir