. banner 728x250

Hardiknas 2023 Bupati Majene kenakan pakaian adat

Majene,Kabarbarunusantara.Com
Di banding tahun sebelumnya, ada yang unik pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 kali ini di lingkungan Pemkab Majene.

Apa itu? sebagaimana pantauan, Selasa  (2/5), dimana Bupati Majene H.Andi Ahcmad Syukri Tamalele selaku Irup Hardiknas di Halaman upacara Rumah Jabatan Bupati(rujab) Pemkab Majene, terlihat mengenakan pakaian adat Kebesaran Mandar.

Demikian halnya para peserta upacara hadir juga mengenakan pakaian adat mandar dan pakaian adat berbagai daerah dengan konsep kebinekaan (meski berbeda suku,adat dan budaya).

Melalui peringatan Hardiknas 2023 mengusung tajuk ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’, Bupati dalam sambutannya, mengatakan pihaknya mendukung peningkatan mutu pendidikan Nasional.

“Sesuai amanat Mendikbut dan Ristek RI Nadiem Anwar Makarim, melalui platfrom Merdeka Belajar dan Merdeka Belajar, Pemkab Majene komitmen mendorong peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Majene sebagai Kota Pendidikan di Sulbar,” katanya.

Dalam kesempatan ini Bupati mengimbau sekaligus mengajak para guru-guru dan siswa Majene untuk dapat lebih kreatif, inovatif. Mengingat persaingan untuk bisa masuk ke perguruan tinggi yang semakin ketat.
<span;>Mengusung tema Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar, upacara dipimpin Bupati Ikfina Fahmawati. Diikuti seluruh kepala sekolah, guru dan siswa mulai jenjang SD hingga SMP. Bupati menyampaikan sejumlah perkembangan merdeka belajar yang kini tengah menginjak tahun ketiga. Di antaranya, kurikulum merdeka yang kini sudah dijalankan ratusan ribu sekolah di seluruh Indonesia, pergantian Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional, serta terciptanya dana abadi kebudayaan untuk para pelaku budaya dan seniman.

’’Terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,’’ jelas Ikfina saat membacakan pidato Mendikbud Ristek RI, Nadiem Anwar Makarim.

Turut hadir pada upacara Hardiknas 2023 ini,Ketua DPRD,Sekda,UPTD,Kadis Dispora,para PNS dan ASN di Lingkungan Pemkab Majene serta para guru-guru dan siswa SD, SMP di Majene.(whd)