. banner 728x250

Genjot Sektor Perikanan, Pemdes Lombong Timur Bantu Nelayan dengan Alat Tangkap

Majene,Kabar Baru Nusantara-Kembangkan pendapatan asli desa melalui sektor perikanan, Pemerintah Desa (Pemdes) Kecamatan Malunda Kabupaten Majene,memberikan bantuan sejumlah alat tangkap kepada para nelayan lokal. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Kades Sepala Lombong Timur Bahtiar kepada 4 kelompok nelayan.dalam satu kelompok mendapatkan 12 set pukat.

Bahtiar mengatakan, bantuan alat tangkap ini diharapkan dapat memotivasi para nelayan lokal untuk menghidupkan sektor perikanan Desa Lombong Timur.

“Alat tangkap ini kita berikan agar para nelayan dapat terbantu dalam usaha mencari ikan dilautan, sehingga ada nilai pendapatan ekonomi ,” kata Bahtiar,Selasa,18 Juli 2023.

Adapun jumlah nelayan mendapatkan bantuan alat tangkap mereka bergabung dalam kelompok. Dimana semua alat tangkap ini diberikan dengan menggunakan dana desa ( DD) Tahun 2023, dari sumber ketahanan pangan,12 set pukat lengkap,dengan  menggunakan DD pada tahap pertam pencairan,”ujarnya.

Dikatakan pula,DD yang kita gelontorkan ini juga kita harapkan dapat bermanfaat kepada para nelayan agar ada peningkatan ekonomi sektor perikanan,”bebernya.

Bahtiar, juga mengharapkan agar dana desa bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti bantuan petani atau bantuan kemasyarakatan maupun untuk tujuan pembangunan.Karena kita juga berkomitmen akan bantu masyarakat agar menjadi masyarakat yang produktif,” ujar kades.

Sementara itu,Apa yang dilakukan oleh Kades Lombong Timur itu mendapat respons positif dari Bupati Majene Andi Syukri Tamalele Ia mengatakan, kalau penggunaan DD memang harus digelontorkan untuk pembangunan masyarakat baik secara ekonomi maupun pembangunan fisik.

“Memang penggunaan DD harus seperti itu, karena DD ini diberikan untuk pembangunan desa baik pembangunan fisik dan non fisik. Asal penggelontoran DD-nya bermanfaat bagi masyarakat, ” “tukasnya

Penulis : Abdul Wahid