. banner 728x250

Genjot Hasil Pertanian di Pundau Suharman Bantu Petani Alsintan

Majene,Kabar Baru Nusantara-Kepala Desa Pundau Suharman memberikan bantuan tiga unit alat mesin pertanian (Alsintan) jenis cultivator dan mesin pompa air(generator) kepada Masyarakat petani di Desa Pundau,Kecamatan Sendana kabupaten Majene.

Suharman mengatakan, wilayahnya, Desa Pundau merupakan daerah yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas.

“Sehingga dengan adanya bantuan cultivator ini diharapkan dapat mempermudah kerja petani dalam menggarap lahannya,” kata Suharman melalui via telpon di,Jum’at (11/08/2023).

Menurutnya, sektor pertanian adalah salah satu sektor yang harus mendapatkan perhatian lebih oleh pemerintah desa. Sebab mayoritas masyarakat desa Pundau menggantungkan mata pencahariannya menjadi seorang petani.Alat pertanian pengadaanya memang sudah masuk dalam renja perencanaan tahun 2023,untuk anggaran bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023,

penyerahan Alsintan kepada warga petani di laksanakan di halaman kantor desa Pundau Senin  1/08/2023.

Lanjutnya, selain untuk mempermudah kerja petani dalam menggarap lahannya, pemberian bantuan cultivator ini juga diharapkan mampu menggenjot kualitas maupun kuantitas produksi pertanian masyarakat.

“Akan tetap kami ikhtiarkan agar pemberian bantuan ini tidak hanya berhenti di saja akan tetapi juga bisa berlanjut di tahun berikutnya,termasuk masyrakat tani lainnya,” tambah Suharman.

Terakhir dia berpesan kepada petani, agar dapat menjaga dan merawat alat pengolah tanah ini dengan baik agar tidak cepat rusak dan dapat pergunakan terus untuk kemanfaatan petani selanjutnya. (Whd)