. banner 728x250

Dipakaikan Jubah Bisht Arab, Lionel Messi Dipanggil “Sheikh”

Kabarbarunusantara.com – Lionel Messi dipakaikan jubah bisht Arab sebelum merayakan kemenangan Piala Dunia 2022 Qatar. Busana tersebut diberikan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani yang turut disaksikan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Bisht sendiri merupakan baju kebesaran yang biasa dipakai keluarga kerajaan atau pejabat dalam acara-acara formal atau sebagai cenderamata.

Nama jubah bisht berasal dari bahasa Persia. Bisht pertama kali dibuat dengan dijahit tangan di Persia, kemudian masuk dan terkenal di Tanah Arab ketika para pembuat bisht ini datang ke Arab Saudi untuk ibadah haji ataupun umrah.

Disebutkan bahwa jubah bisht hanya dikenakan para pria Arab untuk kesempatan spesial, misalnya perayaan pernikahan, festival, pesta kelulusan, hari raya Idul Fitri, hingga acara spesial lainnya.

Jubah spektakuler ini menjadi pilihan busana formal para politikus, tokoh-tokoh terpandang, dan pria-pria dengan kasta sosial yang tinggi di Arab. Maka itu, bisht atau jubah tradisional ini menjadi penanda status dari pemakainya.