. banner 728x250

Bupati Majene Salut Kepada Petani Mosso Berhasil Budidayakan Nenas

Majene, Kabar Baru Nusantara – Bupati Majene, Andi Achmad Syukri bersama Camat Malunda, didampingi Kadis DPMD, Kadis DKP Majene, Kepala Desa Lombong Timur dan Anggota DPRD Rahman, mengikuti kegiatan Tazakkuran Desa Lombong Timur Kecamatan Malunda Kabupaten Majene, Pada Minggu 21 mei 2023.

“Andi Achmad Syukri menuturkan dirinya saat melihat langsung kagum atas kerja keras petani dan pemerintah desa Karena di nilai sangat memuaskan apa yang lakukan.
“Dia mengatakan, pada kegiatan perayaan hari jadi Desa Lombong Timur ini, ia melihat secara langsung buah dari nenas yang cukup besar, kekaguman orang nomor satu bumi Assamalewuang karena tanaman nenas bisa berkembang di kampung mosso. Karena selama nenas besar(pondang balada) dulu banyak dipamboang namun ternyata bisa tumbuh di daerah lainya, ini sangat menggembirakan” Kata Bupati disela- sela usai acara.

“Hasil yang sangat memuaskan ini karena hasil kerja keras dari petani dan Pemerintah Desa yang mengawal, agar para petani terus produktif.”ungkapnya

Lanjutnya, dan Harapan kita, profesi petani milenial bisa digandrungi, bisa menjadi cita-cita utama masyarakat Lombong Timur,” kata Bupati.

Andi Syukri mengatakan pada sektor pertanian ini banyak hal yang harus diperbaiki, dibenahi dan di maksimalkan ke depannya terutama terkait penaman nenas,cara pengolahan lahan,harus bersinerjik Dinas Pertanian,untuk Alsintan dan pupuk.

“Selain itu,Perlu menjaga kestabilan tanah agar pertumbuhan tanaman subur. Dan begitu pula petani hendaknya selalu berkoordinasi dengan PPL pertanian yang ada di desa.untuk mendiskusikan bagai cara menghasilkan tanaman nenas yang bermutu dan berkwalitas,” kata dia.
Pada kesempatan yang sama Ia menambahkan, pemerintah daerah sangat membela petani, karena terkait dengan perekonomian masyarakat,yang sangat membutuhkan dukungan melalui pertanian.

Sementara itu,Kepala Desa Lombong Timur Bahtiar, mengatakan jika dilihat dari bukti hasil panen buah nenas oleh warganya dirinya merasa optimis hasil produktitifitas pertanian di wilayah akan terus meningkat.
“Kita optimis, tetapi yang terpenting para petani di Lombong timur bisa fokus.”kata bahtiar.

“Pemerintah Kabupaten juga diharapkan dukungan dalam kebutuhan petani, seperti pupuk.disampin itu, agar hasil para petani ini bisa menjual hasil lebih cepat,perlu ditunjang Alsintan, untuk digunakan dalam penggarapan tanah.,” imbuhnya

Dikatakan pula, hasil panen dari nenas ini merupakan hasil usaha petani yang sangat baik, karena hasilnya sangat memuaskan sehingga ia meyakini produktifitas pertanian akan terus meningkat.

“Untuk lahannya, akan kita jaga lewat kebijakan lokal, melalui RDTR dan juga untuk areal tanam berkelanjutan itu juga terus kita petakan. Karena konsekuensi dari pembangunan itu memang ada,” kata bahtiar..

Menurutnya, semakin pesatnya pembangunan maka lahan pertanian tentu juga akan tergerus, untuk itu perlu disiapkan area lahan pertanian yang bisa terus dimanfaatkan untuk pertanian. (whd)