. banner 728x250
Daerah  

Bupati Majene Berharap Bantuan Petani Alsintan Dan Pelabuhan Dapat Perhatian Pemerintah Pusat

Majene, Kabar Baru Nusantara – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi meninjau dan sekaligus panen raya bawang merah di Desa Pamboborang, Kecamatan Banggae, Majene, Sulbar, Selasa (31/1/2023).

Wamentan didampingi Pj Gubernur Akmal Malik, Bupati Majene Andi Syukri Tammalele, dan jajaran Pemprov serta Pemkab Majene.

“Kita hadir mengawal dan membantu petani bawang. Sehingga ke depan bisa meningkatkan produksinya,” kata Harvick, saat ditemui di lokasi.

Dirinya sudah meminta Pemprov dan kabupaten memetakan daerah pertanian yang berpotensial dikembangkan.

Komoditas pangan di Sulbar akan lebih disupport ke depan.

“Kita sedang berarah ke state dan kedepannya untuk mendukung Ibu Kota Negara (IKN). Tadinya perdagangannya dua kali, diharap ditingkatkan,
” ungkapnya.
Bawang merah sejauh ini masih relatif aman produksinya.
“Kita siapkan pasar dan bantuan produksinya,”ujarnya.

“Sementara itu,Bupati Majene Andi Syukri Tammalele mengatakan kehadiran Wamentan memberikan dampak positif bagi petani di Majene.
Saat ini, ada 89 penyuluh petani tersebar diseluruh wilayah kecamatan.Mendampingi 1.206 kelompok petani dibina.Saat ini mengharapkan bantuan prasarana dan sarana, seperti Saprodi, Alsintan, jalan tani,
Irigasi dan embung untuk
memudahkan petani dalam bercocok tanam sehingga menghasilkan produksi yang maksimal dan bermutu.”Ujar Bupati dalam sambutannya.

Untuk memudahkan transportasi dan distribusi hasil pertanian ke Ibukota Negara( IKN) juga ke daerah lainya.Kabupaten Majene memiliki dua pelabuhan Palipi Kecamatan Sendana dan Pelabuhan Passarang Kecamatan Banggae saat ini kondisi sangat sederhana.Dia berharap 2 pelabuhan tersebut untuk dapat menjadi perhatian perintah pusat jika dibangun dan di kangkung lebih luas akan sangat mantan food estate sekaligus mendorong kesejatraan Kabupaten Majene di masa yang akan datang” tegasnya. (whd)

Editor: SW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *