. banner 728x250
Daerah  

AST: Pansimas Program Nyata Pelayanan Air Minum Dan Sanitasi

Majene, Kabar Baru Nusantara – Pemerintah mempunyai komitmen yang kuat untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs), yaitu menurunnya jumlah penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi.

Untuk itu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bertanggungjawab penuh untuk memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat di daerahnya, termasuk pelayanan air minum dan sanitasi.

Hal ini, diungkapkan Bupati Majene Andi Achmad Syukri pada serah terima dan uji fungsi sarana dan prasarana program Pamsimas Kabupaten Majene di laksanakan di Desa Tinambunan Kecamatan Pamboang, Selasa (27/12/2022).

Diuraikan, program Pamsimas salah satu program aksi nyata untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

“Program Pamsimas ini, selain meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat juga meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat,” urainya.

Dijelaskan, serah terima sekaligus uji fungsi sarana dan prasarana kegiatan Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) terhadap lima desa di Majene yang dihimpun dalam satu lokasi, yaitu di Desa Tinambunang. “Dari lima desa ini, yakni Desa Tinambung, Awo, Mekkatta, Tubo Selatan dan Totolisi,” terang Andi Syukri.

Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pelaku program Pamsimas, mulai dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulbar sampai tingkat desa dengan keseriusan pelaksanaan program Pamsimas dengan baik

Andi Syukri berharap, sarana hasil kegiatan Pamsimas dapat terus dikembangkan secara berkesinambungan sehingga dapat membantu pemerintah daerah Majene dalam memenuhi kebutuhan akses air minum ditingkat masyarakat sehingga derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat

“Pelaksanaan Pamsimas 2022 ini, merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya juga instrumen pelaksanaan dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi,” sebutnya.

Hadiri dalam serah terima, Wakil Bupati Majene Aris Munandar Kalma, Satker P2P BPPW Sulbar, para Pimpinan OPD terkait, tim Pokja, Asosiasi SPAM, para Camat, Lurah dan Kades, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (Whd)