. banner 728x250

Antisipasi Banjir, Pemdes Sendana Bangun SPAL

Majene, Kabar Baru Nusantara – Pemerintah Desa (Pemdes)
Sendana Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Sulawesi Barat kerjakan saluran pembuangan air limbah (SPAL) sepanjang 80 meter di Dusun ratte dengan menggunakan anggaran dana desa (DD) perubahan tahun 2022,kamis (29/12/2022).

Aco Tasrif Kepala Desa Sendana saat awak media menghampiri di lokasi pengerjaan tersebut mengatakan, bahwa pengerjaan ini dikerjakan warga dusun Ratte.

“Para pekerjanya oleh masyarakat dusun, dan fungsinya SPAL ini dibangun untuk mengalirkan air limbah rumah tangga, seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain, sehingga air limbah tersebut dapat mengalir ke tempat pembuangan yang aman atau dapat juga meresap ke dalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya,” ungkap Aco.

Pembangunan SPAL sangat bermanfaat apabila bila musim penghujan tiba, air hujan maupun limbah rumah tangga yang menggenang di seputaran jalan di pemukiman warga ini bisa menampung, sehingga tidak melimpah dan mencemari para warga yang tinggal di seputaran jalan Dusun ratte.

Selain itu, pembangunan SPAL adalah salah satu program prioritas pembangunan Desa untuk kebutuhan masyarakat yang akan di kerjakan dalam waktu dekat dan tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat pertambahan kasus penyakit yang disebabkan air limbah.

“Pembangunan ini penting dipercepat agar air limbah rumah tangga warga seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain dapat mengalir ketempat pembuangan yang aman dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitar”, tutup Aco. (whd)