. banner 728x250
Daerah  

Andi Bebas,Sekda Polman Yang Sempat di Copot,Kini dijabat Kembali

Gambar: Sekda Ir.Andi Bebas Mangazali.

POLMAN,KBN.com –Menjalani karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 30 tahun, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Ir. Andi Bebas Manggazali merasa kini saatnya untuk menduduki pucuk pimpinan di daerah ini.

Sempat dinonaktifkan sebagai Sekda di akhir masa jabatan Bupati Polman Periode 2018-2023, Andi Ibrahim Masdar pada Januari 2024 lalu, Bebas Manggazali kembali memegang jabatan tersebut setelah keluarnya rekomendasi pembatalan SK pencopotan dirinya dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ia pun mulai berkantor di Kantor Bupati Polman sejak 16 April 2024 lalu dan memasuki masa pensiun sebagai ASN pada September 2024. Mengingat hal itu, Andi Bebas pun mulai meyakinkan tekadnya untuk turut bertarung pada Pilkada Polman mendatang.

Andi Bebas mengatakan, dirinya banyak mendapatkan dukungan dari keluarga, sahabat, hingga masyarakat serta sudah ada komunikasi dengan sejumlah partai politik, baik di tingkat pengurus daerah mapun pengurus pusat.

“Survei yang saya pakai dari Makassar, tetapi saya tidak kenal sama sekali dengan mereka karena saya ingin tahu seperti apa penerimaan masyarakat tentang diri saya,” kata Bebas Manggazali terkait peluangnya di Pilkada Polman kepada awak media, beberapa waktu lalu

Bebas yang pernah mengemban jabatan sebagai Pelaksana Tugas Bupati Mamuju dan Mamasa untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah menekankan visinya untuk membangun desa dan menata kota untuk mewujudkan Kabupaten Polman sebagai daerah pertanian yang maju.

“Yang harus dibangun adalah desa, bukan lagi perkotaan karena wilayah perkotaan hanya tinggal ditata saja,” ujarnya.

Bebas menilai dengan fokus membangun desa akan turut memperkuat sektor pertanian. Apalagi, menurut dia, masih banyak daerah di Polman berupa lahan tidur. Termasuk wilayah Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar) yang dinilainya sangat potensial untuk dikembangkan.

Diketahui, dalam 30 tahun kariernya sebagai ASN, Andi Bebas Manggazali pernah menjadi Camat Luyo, Kepala Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Sulawesi Barat, Pelaksana Tugas Bupati Mamuju, Pelaksana Tugas Bupati Mamasa, hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Polewali Mandar. (*)