. banner 728x250

20 Kelompok Tani Tambak Dapat Bantuan Bibit Udang Dari DD

Kepala Desa Lombong Timur,Bahtiar memimpin rapat penyerahan Bantuan bibit udang Varane diAula kantor desa di dampingi Babinsa,Ketua BPD dan Aparat Desa

Majene,Kabar Baru Nusantara-Pemerintahan Desa Lombong Timur Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene bantu petani tambak udang vaname. Program ini merupakan upaya pemerintah desa untuk meningkatkan pendapatan ekonomi warga.

Kepala Desa Lombong Timur,
Bahtiar mengatakan bahwa ide membantu bibit udang untuk dibudidaya ini dilakukan setelah melihat keberhasilan klaster percontohan dari beberapa Desa.

”Upaya yang kami lakukan menambah pendapatan kepada petani tambak udang Untuk tahun ini,sebanyak 320 ribu bibit dan 1 ton pupuk kepada 20 kelompok petani tambak.,” kata Bahtiar.

Apalagi, lanjutnya,warga Desa Lombong Timur banyak bekerja sebagai petani tambak dilombong, dinilai sangat potensial untuk budi daya udang vaname. Hal itu ditandai dengan petani tambak diwilayah desanya membuka kolam klaster tambak udang desa induk.

Menurutnya untuk membuka klaster tambak udang vaname tersebut,pemerintahan desa menggelontorkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2023 pos anggaran ketahanan pangan 20 persen.

”Ketiga petani yang sudah memilik kolam sudah panen parsial dengan hasil cukup memuaskan,target per kolam, ” ” “katanya.

Pihaknya berharap budidaya udang vaname itu sesuai dengan harapan dan tidak mengalami kendala hingga panen total nanti. Sehingga hasilnya selain memberikan peningkatan pendapatan warga, juga dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan perekonomian masyarakat.

Budidaya yang dilakukan juga sebagai salah satu upaya mendukung program Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten dan provinsi yang menjadikan udang vaname sebagai produk unggulan daerah.

Penulis : Abdul Wahid