. banner 728x250

16 Warga Tani Tameod’o Utara Terima Bantuan  Sprayer

Majene,Kabar Baru NusantaraPemerintah Desa(Pemdes) Tamerod’o Utara Kecamatan Tamerod’o Sendana Kabupaten Majene, memberikan bantuan alat pertanian kepada petani desa Tammerodo Utara, yang anggaranya bersumber dari Dana Desa Tahun 2023.Untuk pengadaan sprayer di relisasikian pada pencairan DD tahap Pertama Tahun 2023.

Muliadi.S.Pd kepala Desa Tamerod’o Utara ketika di konfirmasi mengatakan, bahwa program pemberdayaan masyarakat petani di desanya, berdasarkan atas usulan tahun lalu dalam musyawarah,
sehingga di masukan dalam perencanaan ABPDes tahun 2023.Sebanyak 16 Kepala Keluarga (KK) penerimah bantuan sprayer adalah petani yang kurang mampu,dengan penghasilan sangat minim.”ujar kades ju’mat 19/09/2023.

“Menurutnya,Anggaran pengadaan bantuan Alat4 tersebut berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2023 pada pos anggaran ketahan pangan.Tujuan untuk meningkatkan hasil pertanian jangka pendek yang saat ini banyak digeluti warga.Untuk penyerahan Alsintan dilalsanakan pada bulan agustus 2023 di kantor desa.”jelas Muliadi.

Di katakan pula,Program ini sebagai bentuk dukungan pemdes dalam mempertahankan swasembada pangan di desa, dukungan sarana dan prasarana usaha tani untuk bisa meningkatkan perekonomian dan hasil.

“Selain itu fungsi dari sprayer ini adalah untuk menyemprot tanaman petani,ketika masih pembibitan digunakan untuk Trichoderma dan pupuk daun. Setelah ditanam untuk menyemprotkan obat-obat pestisida alami untuk membasmi hama dan penyakit,
” kata Kepala desa.

“Dengan adanya pemberian bantuan ini diharapkan petani  bisa melek teknologi dan tidak hanya kepada sistem pertanian tradisional. Disamping itu yang paling penting lagi, petani bisa merawat dengan baik bantuan tersebut agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama,” pungkasnya. (whd)